Bagaimana Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Bagaimana Menjadi Wanita Karir yang Sukses

Posted on

Di seluruh dunia, wanita menghancurkan langit-langit kaca dan membuktikan bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi pemimpin bisnis yang sukses. Berikut adalah beberapa saran praktis untuk menjadi wanita bisnis yang sukses.

Mempersiapkan Diri untuk Tantangan Spesifik bagi Wanita

 

Baca tentang wanita yang sukses. Ada banyak wanita karir yang sukses di luar sana – dalam bisnis dan bidang lainnya. Meneliti dan belajar tentang latar belakang dan jalur karir mereka akan membantu memotivasi dan menginspirasi Anda. Membaca cerita mereka akan memberi gambaran tentang jalan menuju kesuksesan dan hambatan apa yang mungkin Anda hadapi di sepanjang jalan.

Web adalah sumber yang bagus untuk meneliti wanita bisnis yang sukses. Ada beberapa artikel menarik dan berwawasan luas di situs web seperti Forbes dan Harvard Business School.

Anda juga bisa membaca memoar atau biografi sejumlah wanita sukses dan mendapatkan wawasan tentang pengalaman profesional mereka – baik dan buruk.

Sheryl Sandberg. Sebuah contoh bagus dari satu memoar tersebut adalah “Lean In: Women, Work and The Will to Lead” oleh Sheryl Sandberg, COO dari Facebook. Dia membahas isu-isu seperti rendahnya tingkat wanita dalam peran kepemimpinan perusahaan dan pemerintah, ketidaksetaraan gaji yang dihadapi perempuan di tempat kerja dan sulitnya menyeimbangkan ambisi karir dengan membesarkan keluarga. Dia mendorong muda, lulusan wanita untuk “percaya pada diri mereka sendiri, mengangkat tangan mereka, duduk di meja, mengambil risiko dan saling mendukung.” [1]

Anne-Marie Slaughter. Anne-Marie Slaughter adalah seorang profesor Princeton yang mulai menonjol pada tahun 2012 saat dia menulis sebuah artikel di The Atlantic berjudul “Why Women Still Can not Have It All,” sebuah penilaian jujur ‚Äč‚Äčatas kesulitannya menyeimbangkan karyanya sebagai direktur perencanaan kebijakan di Departemen Luar Negeri Hillary Clinton dengan tanggung jawabnya sebagai ibu dua anak laki-laki. Dalam artikel tersebut, dia berargumen untuk “mengubah kebijakan sosial dan membungkuk jalur karir untuk mengakomodasi pilihan kita” daripada mengharapkan wanita untuk sekadar menjalankan diri mereka dengan compang-camping agar dapat mengikuti peraturan saat ini di tempat kerja. [2]

Hillary Clinton. Mantan Sekretaris Negara dan calon presiden potensial 2016 Hillary Clinton telah lama menjadi pendukung hak-hak perempuan. Clinton telah menekankan perlunya memperpanjang cuti keluarga dan medis dan untuk mendorong perempuan dan anak perempuan untuk mengejar karir di bidang matematika dan sains. Dia berkata: “Kita perlu memberdayakan wanita di sini di rumah untuk berpartisipasi sepenuhnya dalam ekonomi dan masyarakat kita. Kita perlu membuat kesetaraan dengan kenyataan.” Banyak yang berpendapat bahwa Hillary Clinton sebenarnya bukan contoh yang sangat bagus. Ini karena bukan hanya dia bukan wanita bisnis, tapi dia juga di bawah ancaman penyidikan.

Penelitian wanita di bidang Anda. Tidak peduli bidang apa Anda berada, pasti ada wanita sukses yang telah membuka jalan bagi orang lain. Mencari tahu tentang wanita sukses di bidang khusus Anda akan memberi Anda gagasan yang lebih baik tentang seperti apa jalur karir yang khas dan menyoroti beberapa langkah praktis yang dapat Anda lakukan untuk menjadi sukses.

Teliti apa yang dilakukan oleh sekolah di lapangan Anda, magang apa yang mereka lakukan, apakah mereka bekerja di luar negeri, di mana mereka mendapatkan pekerjaan pertama mereka, dan informasi lainnya mengenai jalur karir mereka.

  • Cari tahu apa yang wanita-wanita ini lakukan dengan benar, lalu gunakan pengetahuan itu untuk menyusun rencan karir Anda sendiri.

Pertimbangkan lapangan dengan wanita yang lebih sedikit di dalamnya. Secara historis, wanita kurang terwakili di bidang sains, teknik, teknologi, matematika dan ilmu komputer. Dengan mengejar karir di salah satu bidang ini, seorang wanita dapat memperoleh keuntungan dari insentif tertentu yang dirancang untuk mendorong lebih banyak wanita memasuki ladang ini, seperti program beasiswa dan hibah.

Tentukan bagaimana cara menyeimbangkan kerja dan keluarga. Mungkin perhatian terbesar wanita dalam angkatan kerja adalah bagaimana menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan keluarga. Wanita biasanya berada di tahun-tahun kunci melahirkan mereka sekaligus mencoba memajukan karir mereka dan menaiki tangga perusahaan.

Survei telah menunjukkan bahwa kebanyakan wanita meninggalkan pekerjaan mereka karena konflik sementara atau iklim di tempat kerja yang memusuhi tuntutan orang tua. [3]

Cara terbaik untuk memastikan keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga adalah dengan menemukan perusahaan yang menawarkan kombinasi kebijakan ramah orang tua seperti cuti melahirkan, penitipan anak yang disponsori perusahaan, penjadwalan yang fleksibel, tunjangan kesehatan keluarga dan cuti ayah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *