Berbagai Jenis Permainan yang Mendidik Untuk Anak

Posted on

Setiap orang tua pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya bukan ? Termasuk soal berbagai hal yang mendidik. Mendidik anak pun dilakukannya bukan saat si kecil memasuki jenjang sekolah. Melainkan penting untuk diberikan sejak ia lahir.

Pastinya pendidikan yang diberikan mempunyai tahapan-tahapan yang berbeda, dengan menyesuaikan pada usia si kecil juga pastinya.

Tidak mungki pendidikan untuk anak umur 5 tahun disamakan dengan anak yang baru berusia 1 tahun. Anak-anak adalah masa dimana permainan adalah keseharian untuk mereka, dan juga masa dimana mereka ingin mengeksplor lingkungan sekitarnya.

Nah, sudah merupakan kewajiban kiranya untuk orang tua dapat membekali masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil secara maksimal dan tepat.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan bahwa si kecil bermain permainan anak yang mendidik. Ada banyak pastinya permainan yang bernilai edukasi atau bernilai pendidikan. Perlu diingat bahwa pendidikan tidak hanya menyoal tentang belajar di bangku sekolah dasar. Pendidikan non formal pun jadi hal yang sangat penting dan jadi hal yang sangat dibutuhkan oleh si kecil.

Maka dari itulah, si kecil perlu untuk dipastikan ia mendapatkan pendidikan non formal dengan baik. Mengenai parenting terbaik yang bisa dilakukan ibu maupun ayah untuk si kecil, Wyeth Parenting bisa menjadi media untuk orang tua mempelajari banyak hal tentang parenting.

Kemudian, untuk soal apa saja permainan anak yang mendidik untuk mendukung tumbuh kembangnya agar berjalan dengan baik, sebetulnya ada banyak sekali permainannya.

Nah, mengenai jenis-jenisnya, berikut ini antara lainnya supaya bisa menjadi gambaran yang lebih tepat untuk ibu ataupun ayah agar sang buah hati tercinta juga dapat bermain dengan permainan yang mendidik dan bermanfaat :

 

  1. Jenis permainan anak yang mendidik pertama adalah yang dapat mengasah otak si kecil. Perkembangan otak si kecil dapat didukung dengan permainan yang dapat mengasah otaknya. Selain itu juga jika otak si kecil terasah dengan baik, daya ingat dan juga imajinasinya pasti terasah dengan baik juga. Kemudian, apa contoh permainan yang bisa dilakukan anak untuk mengasah otaknya ? Bermain puzzle, lego, ular tangga, dan sejenisnya.
  2. Permainan yang dapat melatih kemampuan fisiknya. Permainan yang mendidik untuk di kecil juga perlu yang dapat melatih kemampuan fisiknya. Berarti untuk hal ini jenis permainan yang dipilih juga yang berkaitan dengan gerak. Nah, untuk jenis permainan ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi yang pas untuk si kecil bergerak, aman dan tentu tidak membahayakan. Contoh permainannya adalah sepak bola, kemudian lompat tali, atau bersepeda.

3. Permainan yang membentuk kepribadian si kecil adalah jenis permainan anak yang mendidik selanjutnya yang bisa dipilih. Jenis permainan untuk membentuk kepribadian dapat juga membantu si kecil menumbuhkan jiwa solidaritasnya.

Contoh permainannya adalah permainan yang mengajak si kecil bermain dengan temannya yang sekiranya bisa menimbulkan kerjasama, seperti bermain masak-masakan bersama, lalu perang-perangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *