Cara Membedakan Mie Samyang yang Mengandung Babi dan yang Tidak

Posted on

Produk mie instan asal Korea Selatan yang ada di Indonesia memiliki berbagai merk dan tampilan kemasan yang sangat mirip. Berwarna hitam dan merah, serta diberi aksara Korea yang membuat masyarakat Indonesia sedikit kebingungan untuk membedakannya. Seperti yang diketahui bahwa tidak semua produk samyang tersebut memiliki izin edar di Indonesia.

” Padalah jika diperhatikan dengan teliti, produk samyang di indomaret memiliki perbedaan yang cukup besar dengan produk samyang yang ditarik oleh BPOM beberapa waktu lalu.” Jelas Sales Marketing Manager PT Korinus, Endra Nirwana.

Endra menjelaskan apabila masyarakat Indonesia masih juga belum bisa mengenali perbedaan tampilan kemasan produk, bisa mengecek kehalalan produk lewat logo perusahaan pengimpornya.

“Para pembeli bisa langsung melihat di bagian pojok kiri kemasan, jika terdapat PT Korinus maka kami jamin produk tersebut halal.” lanjutnya.

Ia menyatakan bahwa produk mie instan samyang dengan rasa Hot Chicken Ramen dan Cheese Hot Chicken Ramen adalah produk yang halal karena sudah mendapatkan label halal dari Korea Muslim Federation (KMF).

“Kami juga sudah mendaftarkan sertifikasi untuk produk ini ke MUI (Majelis Ulama Indonesia). Sertifikasi halal dari MUI sedang mendapatkan proses, sekedar info bahwa pada akhir Juli 2017 masuk tahap final audit oleh LPPIO MUI Indonesia dan Halal dari Korea,” terangnya Minggu (9/7/2017).

Ia memberitahukan bahwa masyarakat yang tidak mengetahui perbedaan produk samyang yang halal dan tidak halal itu membuat mereka mengalami kerugian karena jumlah penjualan yang turun besar-besaran.

“Semenjak berita mie samyang mengandung babi tersebut sampai hari ini penjualan mie samyang kami turun sebesar 30%.” tuturnya.

Sebelumnya ada empat jenis mie samyang dari PT Koin Bumi yang mengandung babi dan telah ditarik oleh BPOM dari pasaran. Produk-produk tersebut adalah Samyang Nongshim, Udong, Rasa Kimchi, Ottogi atau Yeul Ramen, dan Shin Ramyun Black.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *