Tahu, Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan ?

Posted on

Kesehatan pencernaan sangat penting untuk dijaga. Tujuannya tentu agar metabolisme tubuh dapat berlangsung secara lancar serta memastikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dapat tercukupi. Kita bisa menerapkan aneka cara menjaga kesehatan pencernaan di bawah ini.

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Mulailah dengan tidak melewatkan sarapan di pagi hari. Sarapan sangat diperlukan dalam memulai aktivitas di pagi hari. Ini karena tubuh akan membutuhkan banyak energi saat beraktivitas. Hindari kebiasaan melewatkan sarapan ataupun makan di tengah malam. Tubuh akan memproses makanan secara lambat pada malam hari, sehingga akan dapat menimbulkan asam lambung berlebih.

Menu sarapan dapat didampingi aneka buah yang memiliki rasa asam dan manis. Misalnya adalah jeruk yang kaya akan vitamin C, buah strawberry dan alpukat. Selain kaya akan vitamin C, aneka buah di atas juga mengandung serat dan juga antioksidan. Manfaatnya antara lain adalah membantu sistem pencernaan, melancarkan BAB serta kelancaran gerakan usus besar agar dapat meredakan sembelit.

Cara menjaga kesehatan pencernaan juga bisa dengan mengkonsumsisuplement. Suplemen yang sangat bagus untuk pencernaan adalah dtozym HWI. Dtozym adalah produk herbal alami yang dibuat khusus untuk membersihkan organ-organ dalam pencernaan manusia sehingga lebih bersih dan bebas dari kotoran juga sistem pencernaan juga akan menjadi lebih baik.

Sarapan sehat dapat juga dengan mengonsumsi oatmeal karena kandungan seratnya yang akan membuat perut akan dapat bertahan kenyang dalam waktu yang lebih lama. Berdasarkan penelitian, anak usia 2 hingga 18 tahun yang secara rutin mengonsumsi oatmeal akan memiliki resiko lebih rendah hingga 50 persen dalam menderita obesitas. Cara menjaga kesehatan pencernaan dengan sarapan pagi bagi penderita maag ialah menghindari aneka makanan yang sulit dicerna.

Saat menderita maag, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan lembut seperti bubur. Tujuannya adalah agar sistem pencernaan tidak kaget setelah semalaman tidak dimasuki makanan. Selain membiasakan sarapan, hindari juga kebiasaan begadang atau terjaga hingga larut malam. Orang yang sering begadang akan kekurangan waktu tidur.

Kebiasaan ini akan membuat sistem kekebalan serta metabolisme tubuh terganggu. Kebiasaan begadang juga akan membuat tubuh menjadi lelah karena kurang tidur dan hal ini akan beresiko mendatangkan penyakit tukak pencernaan.

Tukak pencernaan ialah salah satu penyakit di mana dinding usus 12 jari atau dinding lambung mengalami luka terbuka. Tukak dapat timbul karena faktor dari dalam ataupun luar. Termasuk dalam faktor luar adalah makanan, alkohol, rokok serta obat-obatan.

Sementara faktor dalam ialah masalah asam lambung dan daya tahan tubuh. Kebiasaan dalam memilih makanan yang kurang sehat serta waktu tidur tidak teratur akan memperburuk organ pencernaan.

Berikutnya, konsumsi juga serat dalam jumlah yang cukup. Konsumsi serat yang cukup ialah 25 gram tiap harinya. Manfaat dari mengonsumsi serat dalam jumlah cukup di antaranya ialah kerja usus besar yang makin teratur serta baik sehingga BAB akan menjadi makin teratur. Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi sekaligus adalah cara menjaga kesehatan pencernaan yang paling mudah.

Makanan kaya serat ini akan melancarkan saluran pencernaan serta mencegah terjadinya smebelit. Makanan berserat juga dapat mencegah aneka penyakit seperti wasir, jantung koroner, diabetes, kanker usus besar dan lain-lain.

Berikutnya, hindarilah banyak minum saat sedang makan. Hal ini akan membuat perut menjadi kembung serta menjadikannya berbahaya bagi pencernaan. Minum saat makan akan menghambat kekuatan pencernaan perut serta menyebabkan kandungan insulin berfluktuasi.

Seseorang yang minum saat sedang makan akan melemahkan enzim yang dilepaskan guna mencerna makanan, sehingga tubuh akan lebih sulit dalam menghancurkan makanan. Demikian adalah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *