Ini Waktu Mengemukakan Pendapat yang Tepat

Posted on

Ada saatnya kita harus bisa mengeluarkan apa yang ada di pikiran kita. Bukan hanya untuk kepentingan pribadi saja, tetapi juga kepentingan bersama. Mengeluarkan pemikiran atau mengemukakan pendapat merupakan satu hal yang sekilas terasa mudah, namun faktanya tidak selalu mudah.

 

Kita membutuhkan waktu yang tepat pada setiap proses mengemukakan isi pemikiran kita terhadap banyak hal. Ketika harus melakukannya, sering sekali rasa khawatir, gugup, tidak percaya diri, hingga takut menghampiri.

Apalagi bila pemikiran dan pendapat tersebut sesuatu yang sensitif. Ini dia beberapa tips menentukan waktu yang tepat dalam mengemukakan pemikiran atau pendapat.

  1. Melihat Situasi

Tips pertama agar lebih mudah mengemukakan pemikiran ialah dengan selalu melihat situasi terlebih dahulu. Terkadang, ada situasi-situasi yang membuat kita lebih baik diam saja. Misalnya, ketika orang yang terlibat sedang emosi tidak terkendali, atau saat dalam situasi tidak memungkinkan. Lebih baik tahan dulu pendapat yang ada dan mencoba meraba situasi di hadapan kita. Mengemukakan pendapat memang baik, tetapi bila dikeluarkan di saat yang tidak tepat atau saat situasi buruk, malah akan mendatangkan masalah.

  1. Mengerti dengan Pendapat yang Ada

Selanjutnya, kita wajib mengerti dengan pendapat yang kita buat sendiri. Pendapat merupakan hal yang datang karena kita memilki cara berpikir sesuai diri kita dan bagaimana kita memandang hal-hal yang berkaitan dengan masalah tersebut. Maka wajib bagi kita memahami benar pendapat yang ingin diutarakan. Agar pihak lain juga bisa mengerti. Bagaimana pihak lain bisa mengerti bila kita sendiri tidak begitu mengerti dengan pendapat yang kita buat.

  1. Memahami Sifat Orang di Sekitar

Mengemukakan pendapat akan mengikutsertakan pihak lain atau orang-orang sekitar dan meminta mereka menyetujuinya. Nah, supaya pendapat lebih mudah diterima, coba pahami sifat orang-orang di sekitar atau pihak terkait. Terkadang ada yang mudah menerima segala macam pendapat, terkadang juga ada yang sulit dan selalu merasa pendapat pribadi miliknya terbaik. Dengan memahami sifat orang di sekitar, kita bisa lebih tahu langkah tepat agar orang tersebut mau menerima pendapat dari kita. Atau mengurangi risiko berselisih paham yang berujung pada debat.

  1. Relaks dan Tenang

Ketika harus mengeluarkan pendapat, ada baiknya untuk bersikap tenang dan relaks. Karena nantinya kita akan lebih mudah mengeluarkan pendapat dan lebih bisa berpikir jernih. Membawa diri lebih tenang juga berdampak pada respon dari orang sekitar.

Ingin lebih tenang ketika mengemukakan pendapat di depan banyak orang atau orang-orang penting dalam hidup? Minum segelas Teh Sariwangi bisa menjadi solusi terbaik. Rasanya yang nikmat dan aromanya yang harum mampu membuat tubuh lebih relaks dan pikiran menjadi lebih tenang. Maka Anda akan lebih mudah dalam mengeluarkan pendapat.

 

Pentingnya Mengemukakan Pendapat Pribadi

 

Pernahkah Anda merasa ingin sekali mengeluarkan pemikiran atau mengutarakan pendapat terhadap sesuatu hal? Tetapi Anda merasa tidak percaya diri sehingga memilih diam saja dan hanya menyimpan dalam benak. Mengemukakan pendapat atau mengutarakan pemikiran adalah hal yang sangat penting. Mungkin bagi sebagian orang, hal seperti ini sesuatu yang tidak perlu dipikirkan. Padahal, sering dan percaya diri dalam mengutarakan pendapat atau pun pemikiran mempengaruhi kepribadian diri seseorang. Anda yang lebih tertutup akan kesulitan ketikan mengutarakan pemikiran dan pendapat, begitu sebaliknya. Tetapi mereka yang memiliki sifat terbuka juga belum tentu mampu mengutarakan dengan benar, meyakinkan pihak lain mengenai pendapat miliknya.

  • Rasa Percaya Diri Itu Penting, Tetapi….

Ketika harus mengeluarkan atau mengutarakan pemikiran yang ada dalam benak, satu poin penting ialah membangun rasa percaya diri. Memang rasa percaya diri itu penting sekali. Apalagi berhubungan dengan hal-hal yang membuat kita wajib lebih terbuka. Meski begitu, rasa percaya diri yang terlalu kuat tanpa adanya keyakinan dan pendapat yang matang bukan lah sesuatu yang tepat. Mengemukakan pendapat membutuhkan rasa percaya diri yang disertai kematangan pemikiran. Sehingga pendapat Anda akan diambil sebagai pertimbangan atau pun menjadi bagian dari solusi terbaik. Ketika pendapat milik Anda matang secara keseluruhan, Anda juga bisa lebih mudah menjelaskan hal-hal yang lebih meyakinkan lagi.

 

  • Lebih Terbuka Demi Kebaikan Bersama

Pendapat datang dari bagaimana cara kita memikirkan satu hal dan bagaimana kita memandang sebuah masalah dari sisi kita. Maka pastinya pendapat yang dikemukakan satu orang dengan orang lain bisa saja berbeda. Kalau Anda adalah pribadi tertutup, coba belajar untuk lebih terbuka lagi. Agar orang lain bisa tahu pendapat dari sisi Anda, bagaimana Anda memandang hal atau masalah yang sedang Anda dan mereka hadapi. Terkadang pada situasi tertentu, pendapat kita sangat berpengaruh dan merupakan sesuatu yang bisa membawa kebaikan untuk bersama, bukan hanya diri Anda. Mengemukakan pendapat bukan sesuatu yang salah dan bila dilakukan dengan tepat, akan mendatangkan kebaikan.

  • Mengutarakan Dengan Detail Beserta Alasan

Dalam mengutarakan pemikiran atau pendapat, Anda juga wajib mengutarakannya secara detail, Maksudnya, menjelaskan hingga hal-hal terkecil berkaitan dengan pendapat Anda. Sebelum mereka bertanya lebih jauh, lebih baik menjelaskan lebih detail duluan. Selain itu Anda wajib memikirkan alasan kuat mengapa pendapat Anda patut dipertimbangkan dan diterima. Ditambah bila memang pendapat Anda akan mempengaruhi hasil akhir nanti. Tentu alasan harus berhubungan erat dengan masalah dan masuk akal ya.

Anda bisa mengemukakan pendapat lebih percaya diri dan dalam suasana lebih hangat dengan Teh Sariwangi yang mampu memberi rasa tenang sekaligus relaks. Aroma dan rasanya begitu harum dan nikmat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *