Jenis-Jenis Akuntansi
Jenis-Jenis Akuntansi

Jenis-Jenis Akuntansi

Posted on

Ilmu akuntansi adalah ilmu yang cukup luas untuk dipelajari, seorang akuntan tidak mungkin mahir pada segala jenis akuntansi. Pastinya seorang akuntan hanya mahir di satu bidang saja. Adapun beberapa jenis-jenis akuntansi adalah sebagai berikut.

Jenis-Jenis Akuntansi
Jenis-Jenis Akuntansi

Jenis Akuntansi yang Umum

  1. Akuntansi Keuangan
    Akuntansi keuangan atau disebut juga sebagai general accounting merupakan akuntansi yang mencakup semua pencatatan laporan keuangan dalam periode tertentu. Laporan keuangan tersebut nantinya akan diserahkan pada pihak yang bersangkutan. Laporan keuangan juga bisa bermacam-macam jenisnya. Seorang akuntan yang mahir dalam akuntansi keuangan juga diharuskan untuk mahir dalam software misalnya software pembukuan.
  2. Akuntansi Pajak
    Akuntasi pajak/perpajakan adalah akuntansi meliputi penyajian, perhitungan, dan pencatatan mengenai pajak yang berlaku. Biasanya aplikasi akuntansi pajak mencakup jumlah pajak yang ditanggung sebuah perusahaan, pajak UMKM, dan akuntan pajak juga bisa membantu menghitung paja penghasilan dalam gaji suatu karyawan. Akuntansi pajak biasanya dibantu dengan aplikasi pajak yang bisa didownload secara gratis di situs pajak Indonesia.
  3. Akuntansi Manajemen
    Management Accounting atau akuntansi manajemen adalah kegiatan akuntansi yang bersangkutan dengan manajemen perusahaan. Akuntansi manajemen ini nantinya akan menghasilkan dua output yaitu laporan keuangan dan laporan non keuangan. Laporan keuangan tersebut digunakan untuk manajemen, jadi seorang akuntan biasanya diperintah untuk membuat laporan yang khusus disesuaikan dengan kebutuhan manajer nya sendiri. Untuk memudahkan perhitungan laporan keuangannya, seorang akuntan dapat dibantu oleh software akuntansi.
  4. Akuntansi Auditing
    Akuntansi audit sesuai namanya mengharuskan seorang akuntan melakukan pemeriksaan transaksi atau laporan keuangan suatu perusahaan. Seorang akuntan audit dapat menggunakan aplikasi keuangan untuk membantu proses pemeriksaan. Selain itu, seorah akuntan audit harus dapat memberikan keputusan mengenai layak atau tidaknya laporan keuangan yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Audit harus dilakukan oleh pihak yang netral atau independen agar tidak menghasilkan hasil yang berpihak atau berat sebelah.
  5. Akuntansi Perbankan
    Akuntansi ini mencakup lingkungan perbankan dimana bertugas dalam menyajikan dan membuat laporan keuangan untuk pihak internal perusahaan. Selain laporan keuangan yang dibuat, akuntan perbankan bertugas untuk memeriksa dan membuat laporan transaksi keuangan masuk dan keluar di bank. Biasanya bank sudah menyiapkan berbagai software atau aplikasi yang memudahkan seorang akuntannya untuk membuat laporan.
  6. Akuntansi Biaya
    Cost Accounting atau akuntansi biaya adalah jenis akuntansi perusahaan yang bertugas untuk mendalikan, membuat, dan merencanakan biaya operasional perusahaan. Biaya operasional tersebut dibuat untuk menentukan harga, biaya ini bersifat internal.

Keenam jenis akuntansi tersebut dibedakan berdasarkan kegunaannya, baik dalam ringkup usaha kecil/mikro maupun usaha yang makro/besar, seorang akuntan sangat dibutuhkan. Akuntansi UKM misalnya, meskipun akuntansi UKM (Usaha Kecil Menengah) bisa disebut ruang lingkupnya sangat kecil, namun jangan sampai anda menyepelekan tugas akuntansi ukm, karena pada dasarnya pekerjaan akuntan tetaplah sama, mungkin yang membedakan hanya lah untuk apa dan untuk siapa ia bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *