Langkah Mudah Menata Dapur Agar Lebih Rapi

Posted on

Desain Dapur

Memiliki dapur yang tertata rapi tentu akan memudahkan segala aktivitas kita saat berada di dalamnya. Anda bisa meracik dan memasak makanan dengan cepat apabila kondisi dapur bersih dan rapi. Selain itu juga terdapat penelitian bahwa menjaga dapur tetap bersih bisa menambah selera makan. Selain itu, dapur yang bersih juga sering dikaitkan dengan anggota keluarga yang sehat.

Namun sayang, aktivitas memasak sehari-hari terkadang bisa membuat dapur menjadi kotor dan berantakan. Agak sulit memang menjaga daput tetap dalam keadaan bersih karena harus digunakan setiap hari. Nah untuk Anda yang tidak ingin dapurnya kotor dan berantakan, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar membersihkan dapur bisa menjadi aktivitas yang ringan.

  1. Mengosongkan Laci Kabinet

Laci kabinet memang tempat yang pas untuk menyembunyikan barang-barang agar dapur terlihat rapi, karenanya kita malah sering tidak sadar menyimpan barang yang tidak terpakai di dalamnya. Untuk itu mulailah bersih-bersih dapur dengan mengosongkan isi laci kabinet dan menyortir isinya, barang yang perlu disimpan kembali dan dikelompokkan, sedangkan yang tidak digunakan bisa disingkirkan.

  1. Menata Kabinet

Sebelum Anda meletakkan segala kebutuhan dapur di dalam lemari kabinet, ada baiknya Anda membagi ruang untuk meletakkan barang atau bahan makanan sesuai fungsinya.

Misal area tengah khusus untuk menyimpan bumbu dan bahan makanan, sementara itu peralatan masakan bisa diletakkan di area dekat kompor agar lebih mudah dijangkau. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah melakukan segala aktivitas didapur, selain itu juga lebih mudah hafal dimana saja letak barang yang Anda simpan.

  1. Gantung Peralatan Masak

Untuk Anda yang memiliki dapur sempit dan tidak memiliki cukup ruang penyimpanan, Anda bisa menggunakan area vertikal pada daput untuk menggantung peralatan memasak. Anda bisa menggantung panci, wajan dan peralatan lain secara vertikal untuk menghindari kesan berantakan saat diletakkan secara horizontal. Selain itu tentu untuk menghemat ruang yang ada di dapur Anda.

  1. Buat Area Pemisah di Dalam Laci

Peralatan memasak dan peralatan dapur lainnya sangat penting untuk dikelompokkan agar mudah dicari dan terlihat rapi. Untuk peralatan kecil Anda bisa menyimpannya di dalam laci yang sudah diberi sekat untuk mengelompokkan barang kebutuhan daput Anda.

  1. Membersihkan Kulkas

Yang terakhir adalah membersihkan dan menata kulkas dengan rapi. Anda bisa membersihkan isi kulkas setidaknya seminggu sekali untuk menghindari adanya bahan makanan atau buah yang membusuk yang bsia menimbulkan bau tidak sedap di dalam kulkas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *