Inilah Sumber Makanan Sehat Untuk Pencernaan

Posted on

Untuk memastikan kesehatan dari organ pencernaan, kita bisa mengonsumsi aneka sumber makanan sehat untuk pencernaan. Sumber makanan sehat ini sendiri terutama yang berasal dari sayuran serta buah-buahan. Selain aneka makanan sehat tersebut, ada pula beberapa jenis makanan lain yang terbilang buruk bagi pencernaan serta sebaiknya dihindari atau dikurangi. Dengan mengetahui daftar makanannya, anda bisa selalu menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh anda. Berikut adalah beberapa jenis makanan sehat tersebut.

Inilah Sumber Makanan Sehat Untuk Pencernaan

Makanan Sehat Untuk Pencernaan

Pertama adalah buah serta sayur. Kedua jenis makanan ini terutama kaya akan serat. Fungsi serat ialah melancarkan buang air besar. Selain itu, dalam sayuran juga terkandung aneka mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan mata, produksi sel darah merah, suplai oksigen, dan lain-lain. Sementara dalam buah terkandung beragam jenis vitamin.

Vitamin dalam buah bermanfaat untuk memperkuat sistem imunitas tubuh, mempercepat penyembuhan luka, melindungi tubuh dari penyakit tertentu hingga merawat kesehatan kulit. Sayur serta buah juga rendah kalori sehingga cocok disantap sebagai makanan diet.

Selain buah dan sayur, makanan berikutnya yang juga bagus untuk pencernaan ialah gandum utuh. Termasuk di antaranya adalah tepung gandum serta brown rice. Gandum utuh juga kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan.

Buah pisang termasuk salah satu buah yang secara spesifik memiliki manfaat kesehatan bagi pencernaan. Buah ini aman di lambung serta dapat dikonsumsi saat mengalami diare atau muntah-muntah. Air putih juga termasuk dalam sumber makanan sehat untuk pencernaan, walaupun air putih adalah minuman. Konsumsi air putih dalam jumlah cukup akan membantu usus dalam mendorong makanan guna diproses dalam sistem pencernaan.

Selanjutnya ada jahe serta kunyit, rempah yang bisa menjadi solusi dalam mengatasi masalah perut. Menikmati teh jahe akan dapat membuat perut terasa lebih nyaman. Kita juga bisa mengonsumsi yoghurt yang kaya probiotik serta baik bagi pencernaan. Dalam yoghurt terutama terdapat bakteri baik yang bisa membunuh bakteri jahat dalam usus. Probiotik juga dapat kita temukan dalam asparagus.

Probiotik mengandung serat yang dibutuhkan tubuh sehingga jangan ragu dalam mengonsumsi asparagus, kacang-kacangan serta bawang bombai. Setelah mengetahui aneka makanan yang bagus bagi pencernaan di atas, kita juga harus tahu makanan apa saja yang terbilang buruk bagi pencernaan. Pertama adalah makanan pedas. Makanan satu ini akan dapat memicu refluksi asam lambung pada sebagian orang.

Sama halnya dengan makanan pedas, kafein juga dapat memicu munculnya refluksi asam lambung sehingga makanan dapat terancam untuk naik lagi ke kerongkongan. Minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi termasuk dalam minuman yang buruk untuk sistem pencernaan kita. Selain kafein, kita juga sebaiknya mengurangi konsumsi minuman bersoda.

Soda ataupun aneka jenis minuman asam lain turut memiliki sifat seperti halnya makanan pedas. Disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman ini apabila kita tidak menginginkan masalah pada sistem pencernaan. Beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh juga termasuk makanan yang tidak baik dikonsumsi. Tak hanya membuat gemuk, makanan dengan kandungan lemak jenuh di dalamnya juga akan berdampak buruk pada pencernaan.

Makanan ini akan dapat meningkatkan resiko diare akibat tubuh yang kesulitan dalam menyerap lemak. Alkohol termasuk dalam makanan yang terbilang buruk bagi pencernaan. Sifat dari alkohol ialah memicu refluksi asam lambung serta inflamasi dalam lambung.

Terakhir adalah susu. Walaupun susu adalah sumber kalsium yang tinggi bagi manusia, namun bagi orang-orang yang memiliki alergi terhadap laktosa susu sebaiknya tidak mengonsumsi susu sapi. Berikut adalah beberapa sumber makanan sehat untuk pencernaan. Semoga uraian di atas bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *