Manfaat dari Permainan yang Mendidik Untuk Anak

Posted on

Pada masa pertumbuhan, anak-anak perlu lah dibekali dengan pendidikan terbaik. Dalam fase usia tertentu, si kecil sudah mulai menunjukkan ketertarikannya akan bermain banyak hal, dan permainan akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Maka dari itulah, akan tumbuh kembang si kecil dapat berjalan dengan positif, pilihkan permainan anak yang mendidik. Permainan yang terdapat unsur edukatifnya pasti akan memberikan dampak positif yang sangat baik untuk si kecil. Permainan edukatif punya unsur kesenangan sekaligus orientasi pendidikan yang bisa untuk menstimulasi berbagai kemampuan di dalam diri anak. Mulai dari menstimulasi pemikiran kognitif, kemudian kemampuan fisik anak, kemampuan menyelesaikan masalah, sampai dengan pengetahuannya terhadap bahasa, angka, warna dan pengetahuan lainnya.

 

Apabila si kecil bermain dengan jenis permainan anak yang mendidik dan mendukung tumbuh kembangnya, berbagai manfaat yang bisa didapatkan si kecil antara lainnya adalah sebagai berikut :

Berkembangnya kemampuan kognitif anak. Permainan yang berunsur edukasi akan dapat membantu si kecil dalam mengembangkan kemampuan kognitifnya. Dimana kemampuan ini menyangkut dengan kemampuan dalam menilai, kemudian kemampuan dalam menghubungkan dan mempertimbangkan yang awalnya dari stimulasi daya ingat. Bisa juga diasah dengan pengenalan warna, angka, huruf, kata, ukuran, maupun penyelesaian masalah. Kecerdasan dalam hal ini bisa distimulasi lewat permainan seperti puzzle, ular tangga, dan lain-lain.

Berkembangnya kemampuan motorik. Jelasnya permainan untuk anak yang mendidik pun akan bermanfaat pada motorik si kecil yang berkembang semakin baik. Supaya juga si kecil bisa mengekplorasi lingkungan sekitarnya. Bisa diawali dengan permainan yang memperkenalkan anggota tubuh dan juga fungsinya. Selingi juga dengan permainan yang membuat si kecil begerak lebih aktif seperti menari.

Mengembangkan logika dan imajinasi anak. Secara otomatis, permainan edukatif akan dapat membantu untuk mengembangkan logika dan imajinasi anak. Untuk menemukan jenis permainan edukatif yang dapat mengembangkan logika dan imajinasi anak, bisa dengan memanfatkan barang-barang yang ada di sekitar rumah. Contohnya saja perlengkapan masak yang dapat dibuat mainan si kecil untuk belajar masak-masakan seolah menjadi chef.

Mengembangkan kemampuan anak dalam bersosialisasi. Kemampuan dasar untuk membangun komunikasi dengan sesama perlu diajarkan sejak kecil. Guna melatik aspek people smart pada si kecil, komunikasi sosial bisa dikenalkan lewat board games sebagai jenis permainan anak yang mendidik. Tujuannya supaya si kecil tahu konsep untuk berbagi dan juga bergantian dalam menunggu waktunya bermain. Dengan begitu, saat si kecil tumbuh semakin besar, kemampuannya dalam berkomunikasi akan semakin baik.

Bekali si pertumbuhan si kecil dengan asupan nutrisi terbaik. Bila perlu lengkapi juga dengan memberikan susu pertumbuhan Wyeth. Hal yang tak kalah penting lagi, anda sebagai orang tua pun bisa semakin belajar dan mengasah kemampuan terbaik untuk memberikan parenting terbaik dengan bergabung dengan Wyeth Parenting yang banyak membagikan tips maupun saran dan sejenisnya terkait perawatan terbaik untuk buah hati anda tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *