Manfaat Mundu Bagi Kesehatan

Posted on

Manfaat Mundu Bagi Kesehatan – Mungkin saja tidak beberapa orang yang pernah tahu bentuk mundu. Tetapi, mundu atau Garcinia dulcis yaitu tanaman langka yang datang dari Indonesia pulau Jawa serta Kalimantan dan Filipina. Masih satu keluarga dengan manggis, mundu biasanya di kenal sebagai nama buah oleh beberapa orang-orang di daerah Sunda, Jawa, serta Madura.

manfaat mundu

Diskripsi serta Persebaran. Tumbuhan mundu berbentuk pohon berbatang pendek dengan tinggi optimal 13-15 mtr. Dengan tajuk yang mengerucut ke atas. Batangnya memiliki kulit berwarna coklat serta memiliki sejenis getah berwarna putih yang bakal beralih jadi coklat pucat ketika kering. Batang mundu ditumbuhi banyak ranting berupa nyaris persegi empat yang gampang patah serta berbulu halus.

Daun mundu berupa bundar telur hingga lonjong jorong, panjang 10–30 cm serta lebar 3,5–14 cm, hijau pucat jika muda, permukaan atas hijau gelap serta mengkilat, di bagian bawah dengan tulang tengah yang menonjol serta keras, urat-urat daun banyak serta paralel, panjang tangkai daun hingga 2 cm. Bunga mundu nampak di dekat pangkal daun berwarna kuning keputihan serta berbau harum.

Buah mundu berupa bulat dengan ujung atas serta bawah agak meruncing dengan diameter pada 5-8 cm. Buah berwarna hijau muda ketika masih mentah serta beralih jadi kuning cerah (mengkilat) saat masak. Buah mundu mempunyai 1-5 biji memiliki ukuran 2,5 cm berwarna coklat. Daging buah mundu berwarna kuning serta memiliki kandungan banyak air. Rasa buahnya manis agak masam.

Yang butuh di perhatikan saat mengonsumsi buah mundu dengan cara langsung yaitu getahnya. Buah yang banyak terkandung vitamin C itu mempunyai getah yang kuat yang bisa menjadikan iritasi enteng di bibir untuk yang tidak punya kebiasaan. Karenanya, bila akan mengkonsumsinya tambah baik mengupas serta mencucinya terlebih dulu hingga getahini hilang dahulu.

Dipercaya mundu mempunyai manfaat herbal yang cukup dahsyat. Ini lantaran ia mempunyai kandungan kimia yang bermacam. Kandungan kimia pada biji serta daun mundu salah satunya adalah saponin, flavanoid, serta tanin. Dampak farmakologis mundu salah satunya antiinflamasi serta antipeuretik.

Buahnya dapat digunakan sebagai pencahar serta menyembuhkan pasien masalah empedu. Biji serta daun buah mundu bisa dipakai untuk menyembuhkan sebagian penyakit, sebagaimana luka, gondok, diare, serta sariawan. Langkah menjadikan ramuan untuk menyembuhkan penyakit itu sangatlah simpel. Untuk menyembuhkan luka, bakar 8 gr biji mundu sampai hangus, lalu giling hingga halus. Taburkan serbuk biji mundu pada luka serta kerjakan hal itu sebanyak tiga kali.

Demikian manfaat mandu bagi kesehatan. Semoga info dar artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang membacanya. Jangan lupa baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *